Membuat Akun SSH pada VPS windows server

 Saya mau berbagi pengalaman yang terjadi beberapa waktu lalu, malam itu saya iseng menyewa sebuah Virtual Private Server atau yang lebih kita kenal dengan VPS, waktu itu saya ingin membuat sebuah akun SSH dengan VPS yang saya sewa tersebut, Namun saya menemui kendala karena ternyata saya telah menyewa VPS dengan OS windows, saya memang pernah membuat akun SSH namun pada VPS linux, Berharap saya bisa membuat akun SSH dengan mudah karena sama sama VPS cuma beda OS saja. Namun ternyata membuat akun SSH pada server windows itu tidak semudah membuat SSH pada linux, singkat cerita saya putus asa karena sudah mencoba berbagia cara tidak juga berhasil, akhirnya saya browsing dan menemukan satu cara yang Alhamdulillah bekerja dengan baik, meskipun tutorialnya sempat membuat Saya bingun karena tutorial asli menggunakan baha inggris yang saya aku bahwa kemampuan bahasa inggris saya kurang begitu bagus, namun sedikit demi sedikit saya dapat memahami hingga akhirnya muncul gagasan saya untuk membuat tutrialnya dalam bahasa indonesia, Namun jika tutorial dalam baha indonesia justru membuat kalian bingung, silahkan kalian langsung saja merapat di tutorial aslinya yang berbahasa inggris tersebut,

Dan sebelum tutorial ini saya mulai saya informasikan bahwa semua link dan gambar yang saya gunakan di dalam tutorial ini kesemuanya berasal dari link di bawah ini.

Oleh : Youandri

Cara Instalasi FreeSSHD pada Server windows bisa di bilang lebih simple jika di bandingkan dengan aplikasi lainya (terutama jika dibandingkan dengan OpenSSH pada Windows), Dan di sini saya akan memberi tutorial cara menginstal SSHD pada VPS windows. FreeSSHD adalah tool yang benar benar gratis (seperti namanya) baik untuk personal / non-komersial, dan juga untuk pengguna komersial. Sebelum kita mulai pertama pastikan kalian sudah mendownload file FreeSSHD.exe. setelah kalian download kemudian instal FreeSSHD.exe pada komputer kalian :



1. akan muncul gambar sperti di bawah ini


  • Kalian akan di tanya Do you want to run FreeSSHd as a system service?

Klik yes untuk menjalankan FreeSSHD sebagi Server, Klik No jika Kalian login ke console. Saya sarankan untuk memilih Yes. Instalasi FreeSSDH sudah selesai, dan akan muncul icon shortcut FreeSSHD pada desktop,


2. Buka Aplikasi FreeSSHD dari desktop shorcut, dan kita akan memulai roses konfigurasi:



Kita bisa melihat SSHD server sudah berjalan seperti gambar di atas. pada tab SSH servers is Running terdapat tanda ceklist hijau yang menandakan server sudah aktif / berjalan, jika belum berjalan atau belum ada ceklist hijau silahkan kalian klik "Clik here to start it ", namun jika sudah di klik tetap tidak berjalan ikuti cara di bawah ini :
  • Buka RUN (windows+R) ketikan sevices.msc lalu enter akan terbuka jendela services cari FreeSSHD kemudian klik dua kali lalu pilih stop, tutup jendela servis, dan kembali ke aplikasi freeSSHD, silahkan kalian klik lagi "Clik here to start it"

  Dan berikut ini dalah yang dapat kita dapat dari freeSSHd:
  • Server SSH dan Telnet dapat berjalan bersama
  • Pilihan untuk menjalankan SSHD hanya pada interface
  • Metode Beberapa otentikasi, termasuk otentikasi NTLM terintegrasi dengan Windows AD
  • Metode Beberapa enkripsi AES 128 termasuk, AES 256, 3DES, Blowfish, dan banyak lagi
  • Pilihan untuk membuka terowongan yang aman pada koneksi
  • Secure FTP Opsional (SFTP) - untuk FTP aman, lihat website freeFTPd
  • Kemampuan untuk mengelola pengguna dan membatasi akses untuk mengamankan shell, secure tunnel, atau secure FTP
  • Kemampuan untuk memungkinkan akses hanya ke host atau subnet
  • Kemampuan untuk log semua koneksi dan perintah dilakukan melalui freeSSHd
  • View pengguna saat terhubung
  • Pembaruan aplikasi freeSSHd otomatis
  • Menambah user account baru dan mengijinkan SSH command line
  • Membuka pengecualian pada Firewall Windows Server 

    Untuk menambahkan user baru, Kita buka tab user dan diklik add.Saya memilih untuk membuat account Windows administrator lokal saya. untuk mengatur otorisasi untuk NTLM saya. Dengan begitu, tidak ada password lokal dalam database freeSSHd dan jika perubahan password administrator dalam database account Windows lokal, kalian tidak perlu mengubah password dalam database akun freeSSHd.

    Kita akan membuat administrator SSH baru untuk login dengan SSH, setting seperti gambar di bawah ini kemudian kilk OK



    3. Menambahkan user accoun SSHD dengan otorisasi NTLM di bawah ini adalah hasilnya:





     4. Satu User Accoun SSHD baru ditambahkan

    Hal kedua yang harus kita lakukan untuk memungkinkan kita dapat login adalah  membuka pengecualian dalam Windows Firewall. Sementara kita bisa menonaktifkan Windows Firewall benar-benar bukan membuka port, tentu pilihan yang paling aman adalah dengan meninggalkan firewall dan memungkinkan untuk pengecualian untuk SSH - TCP port 22.
    Untuk melakukan itu, kita menuju ke Start -> Administrative Tools -> Windows Firewall with Advanced Security.





     5. Membuka Windows Firewall dengan Advanced Security
    selanjudnya kita klik Inbound Rules, kemudian klik pada New Rule.





    6. Menambahkan new Inbound Rule
    lalu kita pilih untuk menambahkan Port rule.





    7. Pilih untuk menambahkan Rule for a Port
    dan kita tentukan TCP port 22 saja (standard).





    8. Menentukan TCP port 22
    Biarkan default untuk Memungkinkan koneksi, terapkan ini untuk semua domain, dan berikan rule Nama pilihan kalian.
    Uji Connection
    Untuk menguji koneksi, saya menggunakan SecureCRT dariWindows XP ke Windows Server 2008 server, melalui SSH.
    Untuk melakukan hal ini, saya terhubung ke server melalui alamat IP (atau nama domain). Saya memilih untuk Menerima server’s certificate dan save as.





    9. Hubungkan menggunakan SSH dan login dengan username & password Windows Kita
    Saya login ke server menggunakan Administrator dan password administrator.
    Dan, sukses! Kita bisa mengakses server melalui SSH!





    10. Sambungan sukses dengan Windows 2008 Server via SSH

    tingggalkan komentar kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

    Thanks for your comment