Cara Backup MEID dan IMEI android mediatek

Para opreker android kerap kali mengalamin kehilangan meid dan imeinya pada saat melakukan mooding, seperti merepartisi androidnya atau imei hilang dengan sebab lain, yang pasti tanpa imei serasa dunia menjadi trak berarti. hahaha... so buat kalian para opreker ada baiknya melakukan backup imei dan meid sebelum melakukan oprek oprek, dan pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips cara membackup MEID dan IMEI kalian dengan software MTK droidtool, keuntungan malakukan backup dengan software yang satu ini adalah ketika kita merestore ulang imei atau meid kita kitak akan hilang dengan melakukan wipe data, berbeda jika menulis ulang imei dengan tool atau aplikasi lain, imei akan kembali hilang jika kita melakukan factory resset.. tuh susah kan , apa lagi buat kalian yang suka gonta ganti rom, namuan cara ini hanya dapat di lakukan pada android device dengan chipset mediatek.
Sebelum melankah ketahap lanjud pastikan persyaratan wajib di bawah ini sudah terpenuhi :
  1. Siapkan komputer dan kabel data
  2. Pastikan android kalian sudah rooted , lihat cara root di sini atau di sini, atau sesuari dengan cara root masing masing HH, kerena tiap HH berbeda cara rootnya.
  3. Instal busybox pada android kalian, Lihat carnaya di sini
  4. Donload bahanya di bawah ini :

 Langkah Backup MEID atau IMEI :
  1. Instal universal ADB driver pada komputer kalian
  2. Aktifkan opsi pengembang atau USB debuging pada android kalain, caranya, buka menu pengaturan, lalu cari menu {} opsi pengemban , dan ceklist pada USB debuging,  jika tidak terdapat menu tersebut, coba kalian klik menu tentang phonsel > dan sentuh tujuh kali berturut pada menu versi kernel atau versi perangkat lunak.
  3. Extract MTK Droidtool.rar, lalu pindahkan folder MTKdroidtool hasil extract ke drive mana saja pada komputer kalaian.
  4. Buka folder MTK Droidtool kemudian jalakan MTK Droidtool.exe, saran dengan run as administrator. lalu hubungkan android kalian ke komputer menggunakan kabel data.
  5. Kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini :
Lihat kotak kuning di pojok kanan bawah MTK droidtool, itu menandakan android kalian sudah terdeteksi pada komputer, jika belum terdeteksi, periksa kembali apakah kalian sudah menginstal ADB driver dengan benar, atau kalian bisa menggunakan ADB driver yang sesuai pada perangkat kalian masing masing, bisa juga menggunakan driver bawaan perangkat android kalian . jika android sudah terdeteksi selanjudnya kalian kilik tab ROOT sampai kotak kuning berubah menjadi hijau.






Jika kotak kuning sudah menjadi hijau seperti gambar di samping, kalian bisa melihat angka IMEI pada perangkat android kalian, nah.. utnuk membackup angka IMEI tersebut sekarang kalian klik pada tab IMEI/NVRAM, dan akan muncul jendela baru seperti gambar di bwah ini .




Pada tahap berikutnya akan muncul jendela baru, pada jendela tersebut terdapat beberapa opsi, seperti Replace IMEI, Backup dan Restore,
Kerena kita sedang membahas cara backup IMEI maka kalian klik pada tab backup, dan ikuti saja proesnya sampai selesai, Kurang lebih akan muncul jendela baru kembali seperti gambar di bwah ini, dan setelah kalian selesai melakukan backup IMEI dan MEID kalian bisa menyimpan hasil backupan kalian yang terdapat pada folder MTK DroidTools / BackupNVRAM / di sini akan terdapat dua file hasil backup kalian, berupa file.bin dan file.tar, kalian bisa menyimpan kedua file ini untuk berjaga jaga apabila suatu saat IMEI kalian terhapus dan hilang.


Demikian tutorial cara backup IMEI dan MEID pada android dengan Chipset mediatek menggunakan tool MTK_Droidtools.exe,

Jangan lupa baca artikel cara restore MEID dan IMEI android berchipset mediatek menggunakan MTK_Droidtools pada artikel di bawah ini :

Cara restore MEID dan IMEI android mediatek

1 komentar:

Click here for komentar
azis ibrahim
admin
November 24, 2015 at 12:59 PM ×

gan kalo cara restore nya gimana ???? kalo buat andromax u3 bisa gak MEID sama IMEI nya di backup lewat mediatek

Congrats bro azis ibrahim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

tingggalkan komentar kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment