Cara restore dan repair IMEI dan MEID android mediatek

Artikel ini adalah artikel lanjudtan dari tutrorial cara backup meid dan imei pada android meditek beberapa waktu lalu, dima saya menggunakan Software MTK_droidtools untuk melakukan cara ini, Dan pada kesempatan kali ini saya kembali membuat ertikel tantang cara mengembalikan imei dan meid yang hilang pada android device berchipset mediatek.

Sebelum kita melangkah ke tahap lanjud pastikan sudah menyiapkan sega sesuatu dan alat tempurna, apa saja yang harus di siapkan ?? silahkan simak apa saja yang harus kalian siapkan di bwah ini :
  1. Siapkan komputer dan kabel data
  2. Pastikan android kalian sudah rooted , lihat cara root di sini atau di sini, atau sesuari dengan cara root masing masing HH, kerena tiap HH berbeda cara rootnya.
  3. Instal busybox pada android kalian, Lihat carnaya di sini
  4. Donload bahanya di bawah ini :
Langkah restore meid dan imei menggunakan MTK_Droidtools :
  1. Instal universal ADB driver pada komputer kalian
  2. Aktifkan opsi pengembang atau USB debuging pada android kalain, caranya, buka menu pengaturan, lalu cari menu {} opsi pengemban , dan ceklist pada USB debuging,  jika tidak terdapat menu tersebut, coba kalian klik menu tentang phonsel > dan sentuh tujuh kali berturut pada menu versi kernel atau versi perangkat lunak.
  3. Extract MTK Droidtool.rar, lalu pindahkan folder MTKdroidtool hasil extract ke drive mana saja pada komputer kalaian.
  4. Buka folder MTK Droidtool kemudian jalakan MTK Droidtool.exe, saran dengan run as administrator. lalu hubungkan android kalian ke komputer menggunakan kabel data.
  5. Kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini :

    Lihat kotak kuning di pojok kanan bawah MTK droidtool, itu menandakan android kalian sudah terdeteksi pada komputer, jika belum terdeteksi, periksa kembali apakah kalian sudah menginstal ADB driver dengan benar, atau kalian bisa menggunakan ADB driver yang sesuai pada perangkat kalian masing masing, bisa juga menggunakan driver bawaan perangkat android kalian . jika android sudah terdeteksi selanjudnya kalian kilik tab ROOT sampai kotak kuning berubah menjadi hijau.







    Jika kotak kuning sudah menjadi hijau seperti gambar di samping, kalian bisa melihat angka IMEI pada perangkat android kalian, nah.. utnuk membackup angka IMEI tersebut sekarang kalian klik pada tab IMEI/NVRAM, dan akan muncul jendela baru seperti gambar di bwah ini



    Pada dialog box jendela ini kalian bisa memilih salah satu opsi yang ada :
    1. kalian bisa menulis imei kalian sesuai dengan yang tertera pada kemasan saat membeli handphone, kemudian kalian klik pada tab Replace IME, dan tunngu proses menulis ulang imei pada device kalian sampai selesai dan HH akan reboot, kekurangan dari opsi ini MEID dan IMEI kalian akan kembali hilang saat melakukan factory resset.
    2. atau kalian dapat menggunakan cara kedua, yakni dengan merestore nvram yang pernah kalian backup sebelumnya, cara ini sangat efektif karena dengan cara ke dua ini imei tidak akan hilang meskipun kalian melakukan factory resset, kekurangan dari cara kedua ini adalah jika kalian menggunakan nvram hasil backup dari perangkat lain, maka devices IMEI anda tidak akan sama dengan IMEI asli kalian. cara menggunakan opsi kedua ini, pertama kalian taruh file nvram.bin dan nvram.tar hasil backup ke folder MTKdroidtools/ BackupNVRAM/ taruh kedua file di sini, kemudian kembali ke MTK_droidtools dan klik pada tab restore, ikuti saja prosesnya seperti ganbar di bwah ini sampai HH kalian reboot.



    Dan di bawah ini adalah beberapa file backupan nvram yang saya punya, mungkin jika ada yang membutuhkan bisa mendownload dari link berikut, jika file untuk seri android kalian belum terdapat pada list di bawah ini kalian bisa menghubngi saya, mudah mudahan saya memiliki file nvram yang sesuai dengan android kalian


    3 komentar

    Click here for komentar
    Unknown
    admin
    October 28, 2015 at 10:48 PM ×

    backup nvram andromax z ada gk gan??

    Reply
    avatar

    tingggalkan komentar kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

    Thanks for your comment