Smartphone Kamu Punya Waktu Charge Yang Lama ? Ketahui Penyebabnya Sekarang !


Mungkin salah satu dari kita sempat mengalami lamanya mengisi daya baterai smartphone. Meski telah di-charge selagi berjam-jam tetap saja belum terisi penuh pasti saja faktor ini sangat menjengkelkan. Hal itu dikarenakan oleh tidak sedikit faktor yang menyebabkan lamanya pengisian daya baterai. Namun jangan khawatir, tidak sedikit trik yang mampu menanggulangi lamanya pengisian daya baterai pada smartphone. Namun sebelumnya Anda wajib mengenal apa penyebab lamanya pengisian daya device Anda, sebab setiap persoalan mempunyai penyebab yang berbeda-beda. Berikut ini macam-macam penyebab umum lamanya pengisian daya baterai device Anda yang mungkin mampu Anda jadikan antisipasi apabila faktor yang tidak diharapkan ini terjadi.

Kabel yang buruk

Kemungkinan pertama yaitu terletak pada kabel. Jika Anda mendapati lamanya pengisian daya baterai device Anda, periksalah kabel charge-nya. Kemungkinan kabel yang Anda gunakan telah usang alias robek. Hal ini sebab kabel charge tidak jarang ditekuk, ditarik dan ditancapkan ke listrik setiap hari.

Tentunya penggunaan kabel dengan waktu yang lama akan mengurangi kinerja kabel tersebut, apabila penyebab lamanya pengisian daya device Anda, cobalah ganti kabel charge Anda dengan kabel yang baru. Karena 90% persoalan lamanya pengisian baterai device terletak pada usangnya kabel yang dipakai.

Adaptor yang dipakai buruk

Masalah lamanya pengisian daya baterai device juga mampu terletak pada adapator yang Anda gunakan. Benda kecil yang menempel pada stop kontak terkadang juga tidak jarang memunculkan persoalan lamanya pengisian daya baterai pada smartphone. Atau mungkin mampu saja adaptor yang ada gunakan mempunyai output yang lemah dan tidak tepat dengan device Anda.

Penggunaan adaptor sebaiknya mengikuti saran penggunaan dari vendor smartphone, dan jangan Anda mengambil resiko dengan mengggunakan adaptor yang tidak dianjurkan oleh vendor smartphone. Karena penggunaan adaptor yang tidak sesuai dengan device juga berpengaruh besar pada lamanya pengisian daya baterai.

Kemungkinan sumber daya yang dipakai lemah

Salah satu faktor paling penting lamanya pengisian daya baterai device ialah sumber daya listrik yang digunakan. Jika Anda memakai port USB yang ada pada PC untuk mengisi ulang daya baterai Anda, jadi waktu pengisian akan menjadi lama. Bahkan dengan port USB v.3.0 sekalipun. Hal itu sangat wajar, sebab port USB pada PC alias laptop terbukti tidak dirancang khusus untuk mengisi ulang daya smartphone.

Terlebih apabila Anda memakai port USB hub yang mana arus listriknya telah terbagi-bagi. Penggunaan wireless charging alias mengisi daya dengan cara nirkabel juga memakan waktu yang lama. Pengisian daya dengan cara nirkabel terbukti keren, tetapi tentunya pengisian daya memakai charger konvensional tetap lebih baik.

Menurunnya nilai baterai

Peran baterai di topik ini juga sangat penting, sebab mempunyai peran mutlak dalam lamanya pengisian daya baterai. Kualitas baterai yang kurang baik ialah faktor paling penting dalam penggunaan maupun pengisian ulang. Dengan terus berjalannya waktu dan seringnya penggunaan, jadi nilai baterai akan terus menurun.

Tentu faktor itu telah sangat umum, dan berita baik untuk Anda apabila memakai baterai yang mampu dilepas, sebab Anda hanya butuh membeli baterai yang baru. Namun lain cerita apabila Anda memakai device dengan baterai yang tidak mampu dilepas, pasti apabila nilai baterai menurun Anda akan kesulitan untuk menngantinya. Jika Anda merasa baterai Anda telah mempunyai umur yang lama dan telah usang, segeralah ganti baterai device Anda.

Aplikasi yang berlangsung di latar belakang

Masalah lamanya pengisian daya baterai tidak hanya dari sektor hardware, persoalan mampu juga bersumber dari proses latar belakang. Ya, software yang berlangsung dilatar belakang juga berperan pada lamanya pengisian baterai smartphone. Karena software yang berlangsung dilatar belakang akan memenuhi kapsitas RAM dan memakai kinerja CPU yang berlebihan.

Aplikasi-aplikasi nakal juga tidak jarang kali booting / berlangsung dengan cara otomatis walau sedang tidak dipakai alias hanya ketika dipakai berbagai ketika saja. Cara mengatasinya, Anda wajib sering-sering memeriksa task bar alias seringlah membersihkan recent apps. Jika tetap ada software nakal yang tidak mau dihibernasi, cobalah untuk meng-uninstal dan rasakan perbedaannya.

Port micro USB terhambat alias rusak

Smartphone Anda sehari-hari tidak jarang keluar masuk saku celana Anda, pasti ini sangat berpotensi mengotori port USB pada smartphone. Mungkin port USB pada device Anda tersumbat oleh tumpukan debu alias pertikel-partikel kecil, jadi menghambat arus listrik yang akan masuk. Untuk mengatasinya cobalah dengan membersihkannya dengan benda kecil semacam tusuk gigi tetapi disarankan berbahan plastik dan perbuat perlahan. Jangan hingga merusak port USB yang ada pada device Anda.

Masalah lain yang mungkin saja mampu muncul dari port USB sebab port tersebut mengalami kerusakan. Kemungkinan pin yang ada pada port USB ada yang bengkok. Tentu apabila telah begini, solusinya Anda memperlukan seseorang yang profesional untuk memperbaikinya. Karena untuk membenahi port USB pada device diharapkan kepandaian khusus, sebab komponen ini menempel pada motherboard, wajib memakai solder untuk mengganti port USB ini.

Masalah dari penggunaan 

Masalah ialah persoalan yang sangat klasik, lamanya pengisian daya baterai pada device tidak semata-mata muncul dari device itu sendiri, tetapi mampu juga muncul dari diri Anda. Ya, cobalah mengintrospeksi diri Anda, seberapa tidak jarang Anda memakai device ketika sedang melakukan pengisian daya? Seberapa tidak jarang Anda mengakses Facebook dan bermain game online ketika device sedang ditancapkan ke charger?

Penggunaan daya baterai pada device ialah penggunaan layar. Jika layar device terus menyala ketika device sedang diisi ulang, jadi sangat wajar apabila baterai device sangat lama untuk terisi penuh. Hal ini karena, daya lisrik yang dipakai oleh layar sama besarnya dengan daya yang masuk untuk mengisi baterai. Jadi, solusi untuk persoalan ini tergantung pada diri Anda. Cobalah untuk tidak memakai device ketika daya device sedang diisi ulang.

tingggalkan komentar kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment