Cara Install dan unistall Aplikasi dengan Command Line



Aplikasi dalam Linux berbeda dengan aplikasi yang biasanya Anda temukan pada Sistem Operasi Windows salah satunya dari extensi softwarenya seperti file setup “.exe” yang terdapat pada Windows dan “.deb” yang terdapat pada Linux-Ubuntu. Software di Linux mengandung paket-paket, unit tersendiri, banyak modul dan banyak sekali library. Ketika Anda menginstallkan satu aplikasi, Anda perlu juga menginstall semua file – file binari dan ratusan file lainnya hanya untuk menginstallkan satu aplikasi dan itu akan menyulitkan, disinilah package manager berperan penting untuk mengkompreskan semua file tersebut menjadi bentuk file setup seperti “.exe”
Standar format package di Linux salah satunya ialah RPM, yang biasanya digunakan pada distro RedHat, Fedora, Mandriva dan SUSE. Package lainnya yang banyak digunakan ialah DEB, yaitu sebuah software package Debian yang sering digunakan pada pada distro Debian Linux, seperti Ubuntu, Knoppix dan Mepis. Biasanya ekstensi penamaannya mirip seperti pada file setup “.exe” Windows yaitu Application-name.deb.
Repository berperan dalam menampung semua file-file package installer yang memudahkan pengguna Linux dalam mencari dan menginstall palikasi yang dibutuhkan. Terdapat beberapa perintah yang dapat digunakan untuk menginstallkan satu aplikasi dengan command line, diantaranya yang paling populer adalah menggunakan perintah
# apt-get install nama_aplikasi
Perintah di atas hanya dapat dilakukan jika pengguna berganti menjadi super user atau root, oleh karena itu biasakan untuk berganti ke super user terlebih dahulu dengan sudo su kemudian lakukan perintah installasi aplikasi. Sebagai contoh kita akan coba install aplikasi “nmap”, perintahnya :

stkips@stkips:~$ sudo su
[sudo] password for stkips:
root@stkips:~# sudo apt-get install nmap
Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
nmap is already the newest version.
0 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 160 not upgraded.
1 not fully installed or removed.
After this operation, 0 B of additional disk space will be used.
Do you want to continue [Y/n]? Y
Jawab “Y”, dan tunggu hingga proses installasi nmap selesai 100%.

Uninstall Aplikasi dengan Command Line
Cobalah untuk uninstall suatu aplikasi dengan command line, perintahnya hampir sama dengan install aplikasi lewat command line cukup menggunakan perintah :
$ sudo apt-get remove nama_aplikasi
sebagai contoh kita akan coba untuk uninstall aplikasi “nmap”, perintahnya :
stkips@stkips:/$ sudo apt-get remove nmap
[sudo] password for stkips:
Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
The following packages will be REMOVED:
nmap
0 upgraded, 0 newly installed, 1 to remove and 1674 not upgraded.
After this operation, 15.3 MB disk space will be freed.
Do you want to continue [Y/n]? Y

Selain menggunakan perintah apt-get remove, Anda dapat menggunakan perintah  berikut untuk menghapuskan aplikasi yang terpasang di komputer Anda.

Sumber : Tutorial Praktikum Lab Jaringan Komputer Berbasis Open Source – Dominggus OS, Onno W Purbo

tingggalkan komentar kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment