Kelebihan dari Sistem Operasi Linux-Ubuntu



Berikut ini beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux-Ubuntu :
         Open Source, karena sifatnya yang Open Source, pengguna dapat dengan bebas memodifikasi Sistem Operasi ini tanpa harus membayar lisensi.
         Kemanan yang sangat kuat terhadap serangan virus dan sejenisnya, pengguna dapat dengan mudah mengakses source code yang dianggap merusak dan menghapusnya
         Hampir semua software gratis, seperti pengolah kata (Libre Office, Open Office, dll), image (GIMP, Pencil, dll), pemutar musik (VLC Media Player)
         Tampilannya semakin menarik dan stabil dengan pengembangan GNOME Desktop Environment.
         Ubuntu Software Center sebagai portal pencarian dan instal software
         Hampir bisa dijalankan disemua device seperti Desktop, Smartphone, Tablet dan SmartTV
Kebanyakan administrasi jaringan komputer di sekolah dan kampus menggunakan sistem operasi Linux-Ubuntu sebagai salah satu software penyedia layanan (Ubuntu Server) yang diinstalkan pada komputer server dan dalam bidang akademik, Linux-Ubuntu lebih nyaman digunakan untuk mengantarkan pemahaman peserta didik pada konsep jaringan komputer. Oleh karena itu, pada modul kali ini mahasiswa akan menggunakan Ubuntu-Desktop 13.04 “Raring” sebagai sistem operasi yang digunakan dalam praktikum jaringan komputer. Untuk praktikum kali ini, mahasiswa tidak perlu menyediakan satu komputer tambahan (PC atau komputer server) untuk melakukan praktikum instalasi sistem operasi Ubuntu Desktop ataupun Server, cukup menggunakan software yang dapat membuat satu komputer virtual yang dapat menjalankan lebih dari 1 sistem operasi yang berbeda. Oracle VM Virtualbox adalah salah satu software yang bersifat gratis ( dengan versi 4 ke atas ) yang dirilis di bawah GNU General Public versi 2 dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem dengan fitur – fitur yang semakin lengkap. Versi Virtualbox terakhir yang telah dirilis oleh Oracle adalah versi 4.2.18 pada tanggal 6 September 2013.


Sumber : Tutorial Praktikum Lab Jaringan Komputer Berbasis Open Source – Dominggus OS, Onno W Purbo

tingggalkan komentar kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment